Minggu, 08 Juli 2012

Taman Impian Jaya Ancol


ANCOL

Taman Impian Jaya Ancol atau biasa disebut juga Ancol merupakan kawasan wisata terpadu rekreasi, hiburan, konvensi, dan wisata belanja seluas 552 hektar di wilayah kotamadya Jakarta Utara. Kawasan ini bisa diakses melalui jalan tol dan busway (koridor V trayek Kampung Melayu - Ancol).
Pantai dan Taman
Taman dan pantai merupakan wahana hiburan yang menawarkan kesegaran suasana pantai bagi semua kalangan dan usia. Pantai dan Taman memiliki 5 pantai (Pantai Festival, Indah, Elok, Ria dan Carnival Beach Club) dan Danau Impian, sepanjang kurang lebih 5 km, dengan promenade sepanjang 4 km.

Dunia Fantasi
Dunia Fantasi yang dibuka untuk umum pada 29 Agustus 1986, dan popular dengan sebutan Dufan. Dufan merupakan pusat hiburan outdoor terbesar di Indonesia yang memanjakan pengunjung dengan Fantasi Keliling Dunia, melalui berbagai  wahana permainan berteknologi tinggi, yang terbagi dalam 8 kawasan, yaitu: Indonesia, Jakarta, Asia, Eropa, Amerika, Yunani, Hikayat, dan Afrika. Dufan juga merupakan salah satu salah satu pusat edutainment dengan adanya Fisika Dunia Fantasi (Fidufa) dan Pentas Prestasi. 

Beberapa tempat menarik diantaranya adalah :

 - Wahana Kalila Adventure
Wahana ini merupakan wahana animatronik erlengkap di dunia, yang menyajikan 5 unsur teknologi yaitu musical showbiz, animatronik theater, film, sound dan special effect canggih dan science,  memiliki 400 kursi dan mampu menampung 800 orang pengunjung dalam sekali pertunjukannya. Kalila sendiri terbagi menjadi dua bagian yaitu Pre Show selama 5 menit dan Main Show selama 25 menit.

-Arung Jeram
Para pecinta petualangan dapat menikmati ketegangan berarung jeram disini, namun siapkan dahulu pakaian pengganti sebelumnya karena hampir dipastikan pakaian anda akan basah terkena cipratan air. 

Harga tiket :  Senin - Jumat : Rp 150.000
                      Sabtu, Minggu & Libur : Rp 250.000     
Jam Operasional :  Jam 10:00 - 20:00

Atlantis Water Adventure

Atlantis Water Adventure (AWA) merupakan theme park seluas 5 hektar. Dengan 8 kolam utama,yang ada yaitu: Poseidon, Antila, Plaza Atlas, Aquarius, Octopus, Atlantean, dan Kiddy Pool, pengunjung akan mendapatkan pengalaman wisata air yang menakjubkan. Salah satu fasilitas yang menarik adalah Crazy Highest Longest, yang merupakan 2 tabung seluncur yang memiliki panjang masing-masing 122 meter dan 149 meter. Dengan karakteristik yang dimiliki , menjadikannya sebagai seluncur air terpanjang dan tertinggi di Indonesia

Harga tiket : Rp. 110.000
Jam Operasional : Jam 07:00 - 20:00


Gelanggang Samudra
Gelanggang Samudra Ancol merupakan theme park bernuansa konservasi alam yang memberikan pengalaman kepada pengunjung untuk mengenal lebih dekat dan menyayangi aneka satwa, antara lain lumba-lumba, paus putih, anjing laut, dan sinema 4D. Di Sinema 4D atau pertunjukan 4 dimensi, Anda harus mengantri untuk masuk ke dalam bangunan teater ini. Di dalam, petugas akan membagikan kacamata 3 dimensi. Setelah menunggu beberapa lama di depan pintu, penonton akan masuk ke dalam teater. Film yang disajikan berdurasi kurang lebih 15 menit. Dengan memakai kacamata 3 dimensi, Anda akan merasakan gambar ada di depan Anda dan seolah dapat disentuh, ditambah dengan kursi yang dapat bergoyang-goyang dan semburan air atau angin pada adegan tertentu sehingga Anda dapat merasakan suasana sesungguhnya. Ada 5 pilihan jadwal pada hari Senin sampai Sabtu dan 2 kali ekstra pertunjukan pada hari Minggu dan hari Libur. Tapi, Anda hanya dapat menontonnya satu kali karena untuk masuk ke dalam wahana ini harus menggunakan tiket yang terdapat pada tiket masuk.

Harga tiket : Rp. 110.000
Jam Operasional : Jam 09:00 - 18:00

Sea World
Sea World adalah underwater aquarium pertama dan satu-satunya di Indonesia, dengan area seluas 2 ha.  SeaWorld Indonesia memiliki berbagai koleksi mulai dari biota perairan tawar, terdiri dari 22.000 ekor ikan (126 Jenis), 28 reptil (5 jenis) sampai biota perairan laut yang terdiri dari 5180 ekor ikan (26 jenis), 79 avertebrata (13 jenis), 30 reptil (5 jenis) dan 1 mamalia. Wahana SeaWorld Indonesia hadir dalam satu kawasan yang lengkap untuk memberikan hiburan, pendidikan dan nilai sejarah yang akan selalu diingat. SeaWorld Indonesia dalam operasionalnya mengemban 3 misi besar yaitu: Pendidikan, Konservasi dan Hiburan.

Harga tiket : Senin - Jumat ; Rp. 60.000
                    Sabtu, Minggu, & Libur : Rp. 70.000
Jam Operasional : Senin - Minggu & Libur : Pkl. 09.00 s/d Pkl. 18.00 WIB
Penginapan tepi pantai bergaya unik berbentuk cottages dengan 133 kamar ini memiliki berbagai fasilitas khusus, seperti : ruang serba guna, ruang rapat dan lokasi pesta pantai. Putri Duyung juga menawarkan fasilitas olahraga, seperti kolam renang, tenis meja, sepeda, lapangan tenis, serta lapanan voli pantai. Arsitektur artistik Putri Duyung Ancol kental dengan perpaduan gaya posmo dan romantisme Indonesia Timur, ditata selaras dengan lingkungan pantai untuk menciptakan suasana yang berselera dan eksotik.


Padang Golf Ancol
Padang Golf bernuansa pantai di tengah-tengah kawasan wisata yang memiliki 18 hole dengan desain lapangan unik. Lokasinya strategis dan mudah dicapai dari seluruh penjuru Jakarta.
Marina
Dermaga kapal pesiar (speed boat dan yacht) bergaya kosmopolitan yang pertama dan terlengkap di Indonesia, dirancang untuk tempat berlabuh kapal pesiar berbagai ukuran. Marina juga berfungsi sebagai pusat olahraga laut, ski air, wind surfing, diving, sailing, serta pelabuhan kapal pesiar untuk menuju Kepulauan Seribu. Marina dilengkapi dengan fasilitias dermaga, marine band, pompa bensin, dermaga bongkar muat, agen perjalanan wisata dan olahraga bahari.

Pasar Seni
Pasar Seni merupakan pusat kegiatan seni dan kerajinan yang memberikan inspirasi serta wawasan bagi penikmat dan kolektor seni. Pasar seni merupakan wujud nyata kepedulian Ancol atas kelangsungan hidup para seniman berbakat. Pasar Seni juga dilengkapi dengan Galeri Pameran (North Art Space/NAS), Toko Cinderamata, Plaza dan Panggung Pertunjukkan Seni.





Pulau Bidadari
Sebuah pulau untuk kalangan menengah di Kepulauan Seribu yang dapat ditempuh dalam waktu 20 menit dari Marina. Pulau Bidadari memiliki 49 cottages yang terdiri dari 23 unit tipe deluxe, 20 unit tipe family, 3 unit tipe family suite, dan 3 unit tipe suite serta memiliki sarana olahraga, 2 aula serba guna, restoran, bar dan toko cinderamata. Sebuah atraksi unik, yakni wahana berenang bersama dengan lumba-lumba (swimming with the dolphin), bisa dinikmati di Pulau Bidadari.

Ritel
Lebih dari 30 kios penjualan souvenir, makanan dan minuman
Hailai Executive Club
Hailai merupakan klub eksekutif bertaraf internasional yang dilengkapi dengan restoran yang menyediakan 3.000 kursi, sarana olahraga, dan hiburan. Hailai dikelola oleh PT Philindo Sporting Amusement and Tourism Corporation yang bekerja sama dengan PT Sarana Ria.





Kereta Gantung (Gondola)
Gondola (sky lift) merupakan kereta gantung yang menghubungkan tempat wisata satu dengan yang lainnya di kawasan Ancol yang terbentang sepanjang kurang lebih 2,4 km dari Pantai Festival hingga area parker AWA. Gondola Ancol memiliki 37 unit gondola dengan kapasitas enam orang per gondola dan tiga stasiun pemberhentian. Dengan ketinggian 21 meter di atas permukaan laut, perjalanan dengan Gondola memakan waktu 20 menit. Gondola Ancol merupakan unit usaha hasil kerjasama Ancol dengan PT Karsa Surya Indonesia (KSI).

Harga tiket : Senin - Jumat : Rp. 30.000
                    Sabtu, Minggu, & Libur : Rp. 40.000
Waktu Operasional : Senin - Jumat jam 11:00 - 18:00
                                 Sabtu, libur sekolah & hari libur nasional jam 10:00 - 18:00
                                 Minggu jam 09:00 - 18:00
Bowling
Fasilitas olahraga bowling bertaraf internasional dengan 60 lintasan.
Wisata Kuliner
Fasilitas resto dan kafe
Hotel
§  Hotel Raddin Ancol

Angkutan umum yang melalui/menuju ke Ancol :
    a. Mikrolet M15 trayek Tanjung Priok - Kota turun halte Ancol
    b. Mikrolet M15A trayek Tanjung Priok - Kota turun halte Ancol
    c. Busway Koridor V trayek Kampung Melayu - Ancol.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar